June 13, 2024
Tips Mengelola Keuangan Bisnismu Biar Gak Boncos!

Tips Mengelola Keuangan Bisnismu Biar Gak Boncos!

Saat memutuskan buat membuka bisnis, sebaiknya kita sudah memperhitungkan setiap detailnya, seperti mempertimbangkan berbagai aspek untuk perkembangan bisnis jangka pendek hingga jangka panjang. Ini dirasa penting untuk mencapai business financial yang sehat dan bisa menghindari minus atau kerugian. Barcode printer adalah salah satu alat yang bisa mempermudah bisnismu. Selain itu kamu bisa melakukan tips-tips berikut ini:

1. Menyusun rencana keuangan yang baik

Mempunyai perencanaan keuangan yang matang adalah salah satu poin yang sebaiknya gak disepelekan. Jangan sampai bisnismu mengalami besar pasak daripada tiang. Manfaatnya menyusun rencana keuangan adalah dapat membantu mengalokasikan keuangan perusahaan dengan tepat dan maksimal. Pertama-tama kamu harus menentukan berapa banyak uang yang dialokasikan untuk modal bisnis. Kemudian buatlah proyeksi atau jumlah ramalan penjualan dan biaya operasional untuk satu tahun ke depan sejak pertama bisnismu beroperasi.

2. Memisahkan dana pribadi dan perusahaan

Kalau ingin lebih rapi dalam mencatat pengeluaran dan pemasukan, disarankan untuk tidak mencampur uang pribadi dan uang perusahaan. Hal tersebut dapat mengakibatkan keuangan menjadi berantakan. Untuk mengantisipasinya, siapkan satu rekening khusus untuk menyimpan dan mengelola uang khusus berbisnis.

3. Memanfaatkan alat dan jasa untuk mempermudah pengelolaan keuangan

Sekarang ini sudah banyak alat-alat atau jasa yang bisa mempermudah dan menghemat waktu. Misalnya dengan melengkapi bisnismu dengan mesin kasir untuk akurasi catatan keuangan hingga barcode printer untuk mencetak label yang dapat membantu bisnismu terorganisir dengan baik.

4. Menjaga cash flow atau arus kas dengan teliti

Cash flow adalah adalah kenaikan atau penurunan keuangan dari sebuah bisnis. Salah satu ciri bisnis kamu memiliki cash flow yang baik adalah tingginya pemasukan dibandingkan pengeluaran. Nah, untuk mendukung cash flow yang sehat, sebaiknya disiplin dalam membayar tagihan. Jangan lupa juga untuk menata jadwal pengajuan penagihan atau invoice tepat waktu.  Hal ini dinilai penting karena semakin cepat piutang usaha berputar, semakin banyak juga modal yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnismu.

5. Lebih bijak dalam menghadapi krisis

Krisis ekonomi dapat datang secara tiba-tiba dan tak semuanya dapat diprediksi. Ketika menghadapi krisis, alangkah baiknya kita lebih hati-hati dan bijaksana dan tidak gegabah tanpa perencanaan matang. Penghematan juga jadi salah satu cara menyelamatkan bisnismu dari berbagai kemungkinan negatif. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah menahan diri untuk berinvestasi dan memfilter lagi list belanja perusahaan sebagai langkah efisiensi. Kamu juga bisa meninjau ulang meninjau ulang kesepakatan pembayaran stok barang agar cash flow tetap sehat saat krisis melanda.

6. Buatlah report secara berkala dan evaluasi hasilnya

Report atau laporan keuangan bisa kamu jalani pada periode tertentu misalnya dalam hitungan bulan atau kuartal. Report ini membahas tentang penerimaan dan pengeluaran kas dalam bisnismu. Manfaat membuat report adalah dapat menyajikan informasi dari mana uang kas yang diperoleh perusahaan dan bagaimana proses membelanjakannya. Jika terdapat hal janggal dan mengganggu kelancaran cash flow, report dapat membantu proses evaluasi dan menemukan bagian yang harus disesuaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *