May 18, 2024
Tanda Darah Tinggi yang Harus diketahui!

Tanda Darah Tinggi yang Harus diketahui!

Darah tinggi adalah salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Nah, biasanya penyakit ini tidak menunjukan gejala yang serius. Sebelum hal ini terjadi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamu mengetahui tanda-tanda dari darah tinggi ini salah satunya adalah dengan melakukan pengukuran. Cara mengukurnya juga adalah dengan menghitung berapa banyak darah yang melewati pembuluh darah dan dihitung juga jumlah resistensi yang dipenuhi darah saat jantung berusaha untuk memompa darah. Seseorang bisa dikatakan mengalami darah tinggi apabila alat pengukur atau alat tensimeter menunjukan angka yang dihasilkan tinggi dari angka pada darah yang normal pada biasanya.

Namun, bagaimana seseorang bisa mengetahui bahwa mereka ternyata mengidap darah tinggi? Ada beberapa gejala yang bisa diketahui seperti :

  1. Pusing
  2. Sakit kepala
  3. Sesak napas
  4. Mimisan
  5. Sakit dada
  6. Penglihatan menjadi buram
  7. Mengeluarkan darah di dalam urine

Beberapa gejala ini mungkin tidak ada pada semua orang, namun ada baiknya ketika ada gejala-gejala yang mengarah ke darah tinggi, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan mendalam ke dokter guna mengetahui penyakit yang di derita. Apabila ternyata memang mengidap darah tinggi, dokter bisa mengambil tindakan yang sesuai dengan penyakit yang di derita dan akhirnya tidak berakibat fatal. Jika memang penyakit yang di derita adalah darah tinggi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengendalikan faktor-faktor penyebab darah tinggi, diantaranya adalah :

  1. Mengganti kebiasaan makan dengan melakukan pola diet sehat untuk mengurangi tekanan darah tinggi.
  2. Mulai dengan melakukan aktifitas fisik sederhana untuk membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Selain itu bisa membantu untuk menurunkan berat badan dan mengurangi stres.
  3. Berusaha untuk mengelola stres. Banyak yang bisa dilakukan untuk mengolah stres salah satunya adalah olahraga seperti yang sudah disebutkan di atas. Selain itu bisa juga dengan melakukan meditasi, mengatur pernapasan, pijat, relaksasi otot, ataupun yoga.
  4. Mulai dengan gaya hidup bersih dan sehat. Mungkin masih ada saja yang masih menjadi seorang perokok aktif, bisa dicoba untuk pelan-pelan berhenti dari kebiasaan ini. Selain merokok, lakukan juga pengurangan dalam mengonsumsi alkohol.

Nah, itu tadi beberapa ciri dari gejala darah tinggi dan beberapa cara untuk membantu mengurangi faktor-faktor yang bisa mengurangi gejala darah tinggi. Yuk, mulai dengan imbangi pola makan sehat dengan gaya hidup yang teratur dan gerak fisik sesering mungkin. Mari mulai hidup sehat dari dini untuk hari tua yang lebih aktif.

 

Sumber :

https://www.halodoc.com/artikel/7-tanda-darah-tinggi-yang-harus-diketahui-semua-orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *