April 13, 2024
Sulit Tidur atau Insomnia? Kenali Penyebabnya Berikut

Sulit Tidur atau Insomnia? Kenali Penyebabnya Berikut

Untuk beberapa orang, insomnia tidak asing lagi, bahkan juga Anda sendiri barangkali sempat mengalaminya.
Insomnia ialah masalah tidur yang mengakibatkan penderitanya susah tidur atau kurang cukup tidur walau sebenarnya ada cukup waktu untuk melakukannya. Masalah tidur in dapat mengakibatkan keadaan penderita tidak prima untuk beraktivitas esok harinya.

Penyebab insomnia umumnya dikuasai oleh banyak hal. Satu diantaranya karena seorang banyak konsumsi cafein selama seharian ataupun waktu malam hari. Tetapi, tidak boleh cemas akan keadaan ini. Sebetulnya, tiap orang pernah alami kesulitan untuk tidur dalam salah satu fase hidupnya.

Berikut beberapa macam penyebab insomnia yang barangkali Anda rasakan, di lansir dari halaman ashefa news.

1. Depresi

Kekuatiran berlebihan mengenai tugas, sekolah, kesehatan, keuangan atau keadaan keluarga bisa membuat pemikiran Anda masih tetap aktif pada malam hari, hingga susah terlelap. Kejadian atau trauma dalam keseharian yang penuh penekanan sampai membuat depresi itu bisa juga mengakibatkan insomnia.

2. Umur yang semakin bertambah tua

Makin menuanya umur, resiko beragam penyakit akan makin bertambah. Satu diantaranya ialah masalah tidur pada lanjut usia, seperti insomnia. Keadaan ini terjadi karena ritme sirkadian jadi lemah bersamaan pertambahan umur. Ritme sirkadian bekerja untuk atur jam biologis tubuh, yaitu jam yang mengelola waktu untuk Anda tidur dan bangun. Menurunnya ritme sirkadian membuat jam biologis tubuh jadi terusik dan memungkinkan jadi pemicu Anda tidak dapat tidur nyenyak.

3. Fisik tidak aktif pada siang hari

Tidak aktif secara fisik di siang hari, tentu membuat Anda jenuh. Bila Anda tidak beraktivitas yang Anda gemari, bisa saja Anda akan mengantuk. Nach, minimnya kegiatan di siang hari dapat membuat Anda tidur siang lebih lama. Mengakibatkan, Anda dapat sulit tidur saat malam harinya.

Pemicu insomnia ini paling umum terjadi pada lanjut usia karena di umur senja, kegiatan fisik lanjut usia jadi berkurang. Namun, tidak tutup peluang terjadi pada Anda, yang masih terbilang muda. Terlebih bila Anda sedang dalam liburan panjang.

Itulah beberapa informasi tentang insomnia. Mudah-mudahan bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *