October 23, 2021
Serba-Serbi Pengiriman Barang dari Luar Negeri

Serba-Serbi Pengiriman Barang dari Luar Negeri

Di masa kini, kirim-mengirim barang tidak hanya dilakukan dalam negeri saja, melainkan bisa dari atau ke luar negeri. Khususnya lagi di era perdagangan global antar negara. Namun, tahukah Anda bagaimana cara untuk melakukan pengiriman barang dari luar negeri

Tata Cara Pengiriman Barang dari Luar Negeri

Mengirim barang dari satu daerah ke daerah lain dalam negeri, setiap kita pasti sudah paham bagaimana regulasinya. Namun, berbeda dengan pengiriman dari luar negeri. Tata cara mekanisme pengirimannya lebih ketat. Pengiriman barang di era sekarang tak dapat dipungkiri karena adanya keterlibatan dalam transaksi di pasar online secara internasional. Baik kita sebagai konsumen atau produsen. 

 

Berikut tata cara pengiriman barang dari luar negeri yang perlu Anda ketahui:

  1. Mencari penyedia jasa pengiriman dengan pelayanan pengiriman dari luar negeri ke Indonesia yang terpercaya. Pastikan bahwa jasa pengiriman tersebut memiliki track record yang baik. Jika salah memilih, resikonya barang bisa hilang.
  2. Pihak Jasa Pengiriman memberi jaminan atas barang yang akan dikirimkan. Jaminan ini berguna untuk melindungi barang dari kerusakan atau hilang saat pengiriman.
  3. Bukan barang terlarang dan sesuai bea cukai yang berlaku. Beberapa barang yang masuk ke Indonesia biasanya memang dikenai bea cukai. Tidak perlu khawatir untuk pengurusannya, karena biasanya ini sudah termasuk dalam layanan penyedia jasa kirim. 
  4. Penyedia Jasa memiliki kerjasama yang luas dalam pengiriman. Hal ini agar memudahkan proses pengiriman atau penjemputan barang dari mana dan kemana saja. 
  5. Ada nomor resi pengiriman yang dapat dilacak di web resmi penyedia jasa untuk pengecekan keberadaan barang. 
  6. Periksa segera barang kiriman tiba dalam keadaan baik dan tidak rusak. Jika ada kerusakan atau kesalahan bisa segera mengajukan komplain dan meminta pertanggungjawaban dari produsen atau jasa pengiriman.

Dengan mengetahui prosedur di atas, Anda tak perlu lagi bingung untuk melakukan pengiriman barang dari luar negeri. Misal ingin kirim barang ke Arab Saudi, Anda tinggal mengikuti tata cara yang ada. Jangan khawatir barang tidak sampai selama semua ketentuan di atas Anda ikuti dengan benar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *