October 23, 2021
Mengenal Crowdfunding Lebih Dekat, Pengertian, Jenis dan Cara Kerja

Mengenal Crowdfunding Lebih Dekat, Pengertian, Jenis dan Cara Kerja

Crowdfunding adalah teknik pendanaan untuk proyek atau unit usaha yang melibatkan masyarakat secara luas. Itulah pengertian crowdfunding secara umum yang mudah untuk dipahami. Seperti kita ketahui bersama, istilah crowdfunding saat ini begitu populer di dunia bisnis. Terutama bagi para pebisnis yang sering berkecimpung di dunia bisnis online (online marketing).

Setidaknya setahun belakangan ini istilah crowdfunding terdengar begitu akrab di telinga masyarakat Indonesia. Perusahaan yang menyediakan layanan crowdfunding di Indonesia juga semakin menjamur. Hal ini mendorong pemerintah untuk segera menerbitkan regulasi terkait praktek crowdfunding di Indonesia.

Sehingga muncullah regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan yang mengatur salah satu jenis crowdfunding yaitu equity crowdfunding. Sebenarnya apa saja jenis-jenis crowdfunding yang banyak dipraktekkan diseluruh dunia? Artikel ini akan mengulasnya untuk anda semua.

Jenis-jenis crowdfunding

Menurut Dhoni Siamsyah dalam artikelnya yang berjudul Konsep Crowdfunding untuk Pendanaan Infrastruktur di Indonesia ada 4 jenis pembagian crowdfunding, yaitu:

1. Donation Based Crowdfunding

Donation Based Crowdfunding adalah crowdfunding yang dilakukan untuk mengerjakan proyek-proyek non profit dan biasanya bersifat donasi. Seperti pembangunan sekolah, yayasan dan fasilitas umum lainnya. Sesuai dengan namanya para pendonor yang mengikutsertakan modalnya pada proyek tersebut tidak akan mendapatkan imbalan atau keuntungan di akhir masa proyek.

2. Reward Based Crowdfunding

Reward Based Crowdfunding adalah crowdfunding yang dilakukan untuk membiayai proyek-proyek berupa produk kreatif seperti pembuatan aplikasi dan games. Pada crowdfunding jenis ini para pemilik modal akan mendapatkan imbalan berupa barang atau jasa sesuai dengan proyek kreatif yang dikerjakan, dan bukan mendapatkan keuntungan berupa uang. Biasanya sebelum melakukan proses reward based crowdfunding pihak penggalang dana akan mengajukan proposal terlebih dahulu.

3. Debt Based Crowdfunding

Debt Based crowdfunding adalah jenis crowdfunding yang dilakukan untuk memberikan pinjaman modal. Para pemilik modal atau donator akan mendapatkan keuntungan dari bunga pinjaman. Bentuk dari crowdfunding jenis ini biasanya berupa layanan Peer To Peer Landing (P2P Landing).

4. Equity Crowdfunding

Equity Crowdfunding adalah jenis layanan urun dana melalui penawaran saham melalui teknologi informasi. Pada crowdfunding jenis ini pihak penggalang dana akan menawarkan saham kepada para pemodal sesuai dengan modal yang dibutuhkan. Equity Crowdfunding merupakan jenis crowdfunding paling popular di Indonesia sebagai salah satu instrument investasi yang menawarkan keuntungan maksimal.

Cara Kerja Crowdfunding

Cara kerja crowdfunding sangat sederhana sekali, para penggalang dana akan melakukan  crowdfunding secara online menggunakan aplikasi berbasis web ataupun mobile dan terbuka untuk umum. Siapa saja bisa menjadi pemodal atau donatur pada semua crowdfunding yang ditawarkan, para pemodal akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan jenis crowdfunding yang diikuti.

Sebagai salah satu solusi untuk mendapatkan modal tanpa harus melibatkan pihak bank dan repot mengurusi segala macam administrasi. Maka wajar jika layanan crowdfunding Indonesia tumbuh subur di Indonesia.

Kesimpulan

Di zaman modern dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, crowdfunding merupakan sebuah keniscayaan yang menawarkan solusi permodalan tanpa harus melewati proses yang berbelit. Maka wajar jika dalam waktu beberapa tahun ke depan penyedia layanan crowdfunding akan semakin banyak bermunculan. Sebagai tips penutup dari saya jika anda sudah membulatkan tekad untuk menggunakan crowdfunding pilihlah layanan crowdfunding yang sudah terdaftar di kementrian informasi dan komunikasi serta terdaftar di OJK.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *