May 18, 2024
Manfaat Rajin Membaca Berita Bagi Pelajar

Manfaat Rajin Membaca Berita Bagi Pelajar

Fungsi berita bagi pelajar bukan sekedar memberikan informasi. Namun juga mengasah kemampuan pelajar dalam melakukan analisis, dan mengasah kemampuan berpikir logis. Apalagi di era seperti sekarang.

Walaupun membaca berita dulu dianggap sebagai informasi kebenaran dan data, sekarang ada juga berita yang bersifat hoax. Jadi, pelajar harus tetap berhati-hati dalam mengolah informasi berita.

Apa Saja Manfaat Rajin Membaca Berita Bagi Pelajar?

1. Meningkatkan Baca dan tulis

Manfaat berita bagi pelajar sangat bagus untuk meningkatkan baca dan tulis. Seperti yang kita tahu, baca dan menulis merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai. Pada nantinya, kemampuan inilah yang akan memudahkan Anda untuk membuat penelitian laporan sebagai syarat kelulusan.

Pelajar yang dapat membaca dan menulis juga membantu dalam memahami bacaan dan ilmu baru guna membukakan wawasan dan ilmu pengetahuan kita kepada dunia. Sayangnya, di Indonesia kesadaran untuk membaca masih rendah.

2. Sumber Ilmu Ter-update

Manfaat berita bagi pelajar selain meningkatkan minat baca dan tulis, ternyata juga bisa dijadikan sebagai sumber ilmu terupdate. Pentingnya memperoleh ilmu terbaru untuk membukakan cakrawala, memberikan sudut pandang yang berbeda tentang dunia serta semua isinya.

Setidaknya dengan ilmu-ilmu terbaru, kita menjadi tahu mana ilmu yang tidak perlu digunakan, dan mana ilmu yang masih tetap bisa diterapkan. Ilmu yang terupdate yang terpercaya dan ilmiah, secara otomatis akan mengarahkan kita untuk keluar dari zona kebodohan.

3. Tidak Mudah Tertipu HOAX

Diera digitalisasi seperti sekarang ini. Setiap menit bahkan setiap detik, Anda dapat menerima banyak sekali informasi. Banyaknya informasi yang tersaji pada dunia digital masuk begitu saja. Aalah satu manfaat berita bagi pelajar ialah melatih kemampuan berpikir analitis.

Setidaknya setiap ada berita yang  kita dapatkan di media sosial atau di media apapun. Setidaknya lebih berhati-hati lalu dipikir-pikir lagi. Di cari tahu apakah benar informasi tersebut benar atau HOAX.

Penting mengetahui berita agar tidak kena hoax. Karena berita hoax sangat berbahaya untuk kesehatan mental juga kesehatan cara berpikir. Jika kita membiasakan diri mempercayakan berita hoax secara terus menerus, maka informasi yang salah dibiarkan masuk di kepala kita akan menjadi sebuah kebenaran. Dan ini sangat berbahaya sekali untuk diri kita.

Dapatkan berita terbaru dan terpercaya hanya di Berita satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *