May 18, 2024
Ketahui Apa Itu Inner Child Sebelum Terlambat

Ketahui Apa Itu Inner Child Sebelum Terlambat

Belakangan pembahasan mengenai inner child sedang marak diperbincangkan terutama oleh anak muda dan ahli kesehatan jiwa. Dikutip dari Akurat, inner child terbentuk dari pengalaman hidup seseorang di waktu kecil. 

Pengalaman saat seseorang masih belia dapat menentukan bagaimana kehidupannya saat mereka dewasa. Bagi orang tua atau calon orang tua, ada baiknya mempelajari parenting secara tepat. 

Sebenarnya Apa Itu Inner Child?

Inner Child dapat disebut sebagai kepribadian yang muncul dari hasil pengalaman di masa kecil setiap individu. Pengalaman yang dimaksud tersebut bisa negatif maupun positif. 

Digambarkan bahwa inner child adalah bagian seseorang yang tidak tumbuh dewasa. Artinya meskipun sudah berusia dewasa, sifat tersebut tidak ikut tumbuh dan tetap menjadi anak-anak. 

Pengalaman positif di masa kecil memberikan dampak baik ketika anak bertumbuh dewasa nantinya. Namun sebaliknya, apabila saat anak-anak sering mendapatkan perlakuan kurang baik maka efeknya juga buruk. 

inner child cenderung menyerap energi negatif. Saat merasa terluka, maka pengaruhnya tidak hanya berhenti pada waktu itu saja melainkan berlanjut sampai dewasa. 

Faktor-Faktor Pembentuk Inner Child

Tidak muncul begitu saja, sifat ini terbentuk karena beberapa alasan kuat. Terkait apa saja itu akan dibahas secara lengkap pada poin berikut:

  • Pola asuh orang tua menjadi poin penting yang menentukan bagaimana sikap anak kedepannya. Sering membentak ataupun memperlihatkan adu argumen di hadapan anak sebaiknya dihindari. 
  • Lingkungan pertemanan juga berperan penting dalam membentuk inner child. Mengarahkan anak pada lingkungan pertemanan yang mampu menunjang tumbuh kembangnya sangat diperlukan. 
  • Berada di lingkungan sekolah yang toxic memberikan luka batin pada anak. Terlebih sekarang ini banyak kasus depresi muncul diakibatkan oleh bullying saat masih kecil oleh teman sekolahnya. 
  • Kondisi keluarga masuk ke dalam faktor yang dinilai berpengaruh besar terhadap perkembangan mentalitas anak. Anak dari keluarga broken home lebih rentan mengalami terlukanya inner child. 

Seorang yang inner childnya terluka menunjukkan beberapa tanda-tanda. Guna mencegah hal buruk saat dewasa, perhatikan bagaimana tumbuh kembang anak sejak dini. 

 

Sumber:

https://akurat.co/apa-itu-inner-child-dan-ketahui-penyebabnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *