August 13, 2022
Jenis Investasi Dan Cara Kerjanya

Jenis Investasi Dan Cara Kerjanya

Investasi seringkali membuat takut banyak orang. Ada banyak sekali pilihan Jenis jenis Investasi dan mungkin akan sangat sulit untuk mengetahui investasi mana yang paling tepat.

Jenis Investasi

 

Saham

Saham, mungkin adalah salah satu Jenis Investasi yang paling terkenal dan sangat sederhana. Ketika Anda membeli saham, Anda membeli kepemilikan saham di perusahaan publik.

Saat Anda membeli saham, Anda menunggu harganya naik dahulu untuk bisa menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. Risiko yang paling berdampak signifikan adalah ketika harga saham  turun, lalu dalam hal ini Anda akan kehilangan uang.

Pialang menjual saham kepada investor. Anda dapat memilih broker online atau bekerja dengan broker secara langsung.

 

Obligasi

Ketika Anda membeli obligasi, pada dasarnya Anda meminjamkan uang ke suatu aset. Biasanya, ini adalah bisnis atau lembaga pemerintah. Korporasi menerbitkan obligasi korporasi, sedangkan pemerintah daerah menerbitkan obligasi daerah.

Ketika uang dipinjamkan, pemberi pinjaman menerima pembayaran bunga. Ketika obligasi jatuh tempo, yaitu, Anda memegangnya untuk jangka waktu yang ditentukan dalam kontrak dan Anda mendapatkan kembali pokok Anda.

Obligasi biasanya memiliki hasil yang jauh lebih rendah dari pada saham, tetapi obligasi juga cenderung kurang berisiko. Tentu saja ada beberapa risiko juga. Perusahaan tempat Anda membeli sebuah obligasi juga bisa bangkrut atau pemerintah juga akan berpotensi gagal bayar. Namun obligasi, wesel dan obligasi dianggap sebagai investasi yang sangat aman.

 

Reksa Dana

Reksa dana adalah kumpulan uang yang diinvestasikan secara luas di sejumlah perusahaan. Reksa dana juga dapat dikelola secara aktif atau dikelola secara pasif tergantung dari Anda. Dana yang dikelola dengan baik oleh manajer dana memiliki jaminan untuk menjaga keamanan uang investor. Manajer dana sering mencoba mengungguli indeks pasar yang ditentukan dengan memilih investasi yang akan mengungguli indeks. Dana yang dikelola secara pasif, juga sering disebut sebagai dana indeks.

Investor menghasilkan uang dari reksa dana ketika nilai saham, obligasi, dan sekuritas gabungan lainnya yang diinvestasikan dana tersebut meningkat. Anda dapat membelinya langsung melalui perusahaan dan broker. Namun, perlu diingat bahwa biasanya ada investasi minimum dan Anda akan membayar biaya tahunan.

 

Anuitas

Akan ada lebih banyak orang yang lebih menggunakan jenis investasi anuitas sebagai bagian dari sebuah rencana tabungan pensiun mereka. Ketika Anda membeli anuitas, Anda membeli polis asuransi dan menerima pembayaran berkala sebagai imbalannya. dalam banyak varian. Mereka bisa bertahan sampai mati atau hanya untuk jangka waktu yang telah ditentukan.

Mungkin memerlukan pembayaran premi atau hanya pembayaran di muka. Mereka mungkin terdaftar di bursa saham atau mungkin merupakan polis asuransi tanpa hubungan langsung ke pasar. Pembayaran dapat ditunda pada saat itu atau sampai tanggal tertentu.

Anuitas dapat menjamin aliran pendapatan tambahan untuk masa pensiun. Namun meski risikonya cukup rendah, pertumbuhannya tidak tinggi. Untuk alasan ini, investor cenderung menjadikan pendanaan sebagai tambahan yang baik untuk tabungan pensiun mereka dari pada sebagai sumber dana yang tidak terpisahkan.

 

P2P Lending

P2P lending merupakan salah satu jenis investasi jangka pendek yang menjanjikan return atau keuntungan tinggi di atas 10 persen, bahkan ada sejumlah platform P2P lending yang menawarkan return hingga 20 persen. Salah satu penyedia P2P lending indonesia yang terpercaya adalah di akseleran.

 

Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah pilihan investasi yang cukup ramai di bincangkan. Bitcoin adalah mata uang kripto yang paling terkenal, tetapi ada yang lain seperti Litecoin dan Ethereum. Ini adalah mata uang digital tanpa dukungan pemerintah. Anda juga bisa membeli dan menjualnya di bursa pasar cryptocurrency.

Crypto sering mengalami fluktuasi liar, menjadikannya investasi yang sangat berisiko. Namun, beberapa investor menggunakannya sebagai alternatif investasi untuk mendiversifikasi portofolio mereka di luar saham dan obligasi. Anda bisa mendapatkannya dari pertukaran cryptocurrency.

Itulah ulasan tentang Jenis Investasi Dan Cara Kerjanya. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.