July 21, 2024
Dampak Pergaulan Bebas Pada Remaja

Dampak Pergaulan Bebas Pada Remaja

Perlu anda ketahui bahwa salah satu hal yang perlu dihindari adalah pergaulan bebas. Terlebih bagi mereka seorang remaja, dimana Remaja adalah kategori usia yang  sedang senang-senangnya untuk bergaul atau berteman dengan sekelompok orang. Untuk informasi lebih lanjut kali ini di lansir dari laman Antaranews berikut dampak paling signifikan pergaulan bebas pada remaja.

Apa Saja Dampak Pergaulan Bebas pada Remaja?

Terjadi Kenakalan pada Remaja

Salah satu dampak dari pergaulan bebas adalah terjadinya kenakalan pada remaja. Yang mana hal ini merupakan kondisi yang paling umum terjadi pada remaja. Pada dasarnya saat usianya masih remaja meraka masih memiliki ego dan rasa penasaran yang cukup tinggi. Karena pergaulan bebas meraka akan menjadi semakin melunjak dan bisa melakukan hal-hal dan aktivitas buruk.

Bahkan mereka juga tidak segan berbuat ulah dan rusuh dilingkungan sekitarnya. Tidak hanya itu saja, banyak dari mereka juga yang melakukan pemalakan di pinggir jalan. Parahnya lagi dampak yang paling besar dari pergaulan bebas adalah melakukan seks dan mengonsumsi obat-obatan terlarang seperti narkotika.

Selain itu, dampak tersebut juga akan berpengaruh pada kesehatan mereka. Kemungkinan besar dari melakukan seks bebas dapat menyebabkan tubuh mereka terjaukau penyakit mematikan seperti HIV.

Hal tersebut pastinya akan merugikan diri mereka sendiri nantinya. Bahkan sudah anda ketahui bahwa pemakaian obat-obatan terlarang seperti narkotika sudah dilarang di dalam undang-undang. Dengan mengonsumsi obat tersebut mereka bisa terancam pidana dan tubuh mereka semakin lama akan semakin rusak dari efek mengonsumsi obat tersebut.

Pendidikan terhambat

Dampak pergaulan bebas pada remaja berikutnya adalah pendidikan menjadi terhambat. Pada dasarnya pendidikan sangat penting bagi semua orang, terlebih lagi bagi seorang remaja memang kewajibannya untuk menuntut ilmu. Karena salah pergaulan anak tersebut akan terjerumus bukannya mereka belajar dan mengejar prestasi.

Akan tetapi malah bolos menghampiri teman-temannya dan keluyuran seharian. Bukan hanya itu saja, kebanyakan mereka yang terjerumus pergaulan bebas malah melakukan tawuran antar pelajar. Hingga pada akhirnya mereka bosan dan memutuskan untuk berhenti sekolah. Hal itu merupakan tindakan yang salah yang akan berdampak pada dunia kerja nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *